Rabu, 07 Maret 2012

Menanti Penyu Hijau

Tahukah anda, bagaimana seekor penyu hijau (Chelonia mydas) betina dapat menemukan kembali tanah kelahirannya untuk bertelur? 

Meski belum ada yang dapat memastikannya, selama tahun 2011 lalu ada 1.558 induk penyu yang bertelur di kawasan Taman Pesisir Pantai Penyu Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Populasi penyu hijau ini terus menurun karena masih maraknya pencurian telur. Pemerintah sendiri sudah memasukkan penyu hijau ini sebagai satu dari 31 jenis reptil yang dilindungi dalam Peraturan Pemerintah nomo 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenus Tumbuhan dan Satwa. Pencuri atau pihak yang memanfaatkan penyu secara ilegal terancam penjara 5 tahun dan denda Rp 150 juta. 

Selain pencurian telur, populasi penyu hijau ini terancam oleh predator alami dan telur yang tidak menetas akibat tidak dibuahi. Upaya penyelamatan seperti pelepasan tukik (anak penyu) menjadi penting untuk menjaga populasi satwa langka ini. Harapannya, setelah dewasa (20-50 tahun) penyu-penyu betina itu kembali untuk bertelur setiap 3-4 tahun sekali.   




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...